Kemasyarakatan

Sejak didirikan tahun 1865, HSBC telah beradaptasi dan membantu melayani kebutuhan dunia yang terus berubah. HSBC telah membiayai pertumbuhan ekonomi, mendorong perdagangan internasional dan mengatasi beragam peristiwa seperti krisis ekonomi. Kami memahami pentingnya komitmen yang meluas pada masyarakat tempat kami beroperasi dan bahwa ekonomi harus tumbuh secara berkelanjutan.

Saat ini pendekatan keberlanjutan kami bertitik berat pada tiga bidang yaitu: keuangan berkelanjutan; rantai pasok berkelanjutan; serta kemampuan kerja dan finansial.

Di masing-masing bidang ini kami telah bersungguh-sungguh memulai langkah. Kami menetapkan serangkaian komitmen untuk berkontribusi pada transisi global menuju ekonomi rendah karbon. Kami juga telah mencanangkan dukungan jangka panjang untuk membantu masyarakat dalam mengakses pendidikan dan pelatihan sehingga mereka dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk kesuksesan di dunia kerja. Melalui kemitraan dengan nasabah, LSM dan pemangku kepentingan utama lainnya, kami mendorong berlangsungnya bisnis yang bertanggung jawab terkait rantai pasokan global.

Keterampilan Abad 21

Sejak lama HSBC memberikan dukungan pendidikan di seluruh dunia, terutama dalam hal membantu kaum muda yang kurang beruntung mengakses pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Sekarang ini, upaya kami mengutamakan bantuan masyarakat guna mengembangkan kemampuan kerja dan keterampilan keuangan yang dibutuhkan untuk berkembang di dunia modern.

Dengan teknologi yang berkembang pesat, pendidikan menengah ataupun pendidikan tinggi tidak lagi menjadi jaminan dalam mendapatkan pekerjaan. Berbagai keterampilan sekarang dibutuhkan untuk berhasil di tempat kerja. Kemampuan finansial juga semakin penting di tengah meningkatnya ketimpangan kekayaan.

Oleh karena itu, keterampilan abad 21 adalah fokus penting dalam strategi keberlanjutan kami baik bagi nasabah, karyawan, dan masyarakat di tempat kami berada. Kami menitikberatkan dua bidang utama yaitu kemampuan kerja dan finansial.

JA More Than Money

Bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI), kami membantu mengajarkan siswa Sekolah Menengah Pertama tentang bagaimana memperoleh, menabung dan membelanjakan uang. Juga memberikan saran apa yang harus dilakukan ketika mereka nanti akan bekerja.

Anak Cerdas Versi Online

Bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), program ini memberikan pendidikan keuangan secara daring interaktif bagi siswa Sekolah Dasar. Dengan cara belajar yang menyenangkan, para siswa dapat belajar dasar-dasar kecakapan keuangan.

HSBC Business Case Competition

Kompetisi ini diperuntukkan bagi mahasiswa dan merupakan kompetisi memecahkan kasus bisnis terbesar di dunia. Peserta ditantang untuk menciptakan solusi kreatif dan praktis dalam memecahkan kasus yang nyata terjadi di dunia bisnis. Tantangan lain adalah bagaimana cara mereka mempresentasikan ide dan solusi tersebut di hadapan para juri. HSBC Indonesia bersama Putera Sampoerna Foundation (PSF) bertujuan untuk memupuk pemimpin masa depan dengan cara menjembatani kesenjangan antara akademisi dan dunia bisnis yang sesungguhnya. Kompetisi ini juga mengusung keragaman dan inklusi melalui pertukaran pengalaman antar peserta di jenjang internasional.

HSBC Edu-Center of Banking and Finance

Program kerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) ini bertujuan tidak saja untuk meningkatkan tingkat literasi keuangan di kalangan mahasiswa, dosen, dan kelompok masyarakat tetapi juga mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi lokakarya dan pelatihan pengelolaan keuangan pribadi, usaha kecil, dan komunitas.

Work Ready

Bekerja sama dengan British Council, Work Ready ditujukan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan agar siap memasuki dunia kerja. Program ini tidak hanya melibatkan siswa, tetapi juga guru dan kepala sekolah. Bagi siswa, aktifitas yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka melalui pelatihan kesiapan kerja, kunjungan ke industri, dan konferensi antar murid. Sedangkan untuk guru dan kepala sekolah dilakukan pelatihan cara mengajar yang lebih efektif dan interaktif serta membekali mereka dengan modul  pengajaran terkini sehingga mereka dapat mengajarkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri kerja pada para siswa.

Center of Excellence-Ready to Work Youth Employment

Bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), kami memberikan pelatihan bagi generasi muda yang tergabung dalam balai pelatihan kerja untuk menastikan para lulusan balai ini siap kerja. Selain itu program ini juga membantu guru dengan memberikan pelatihan agar mereka dapat mengajar secara lebih inovatif.

Batik Learning Center

Didirikan di Semarang, HSBC Indonesia dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) merancang program ini untuk melestarikan budaya dan membekali generasi muda  yang berhenti sekolah dan angkatan kerja yang belum memiliki pekerjaan dengan keterampilan membatik dan cara memasarkannya. Dengan memiliki keterampilan tersebut, diharapkan peserta dapat bekerja di industri batik atau membangun bisnis batik sendiri.

Green School Library

HSBC Indonesia dan Wahana Visi Indonesia (WVI) bermaksud untuk menumbuhkan minat membaca di antara para siswa.

Developing Future Talent

Bekerja sama dengan SOS Children Villages Indonesia, HSBC Indonesia bertujuan untuk membantu generasi muda berusia 15-23 dengan pembekalan keterampilan bahasa Inggris, pengelolaan keuangan, kewirausahaan, dan pemasaran.

Rantai Pasok Bisnis yang Berkelanjutan dan Dampak Perubahan Iklim

Sebagai bank pembiayaan global terkemuka, sedapat mungkin HSBC mendukung nasabah dan perusahaan lain dalam melakukan bisnis dengan satu sama lain dengan cara yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Diperkirakan 80 persen perdagangan global melewati rantai pasok yaitu jaringan nasabah dan pemasok yang berkontribusi dalam memberikan produk atau layanan akhir ke pasar.

Di banyak industri, yang bertanggung jawab atas sebagian besar emisi gas rumah kaca bukanlah perusahaan tetapi departemen rantai pasok perusahaan tersebut, sehingga upaya perbaikan lingkungan terbuka luas. Dengan menetapkan standar pengadaan yang tinggi, tim pembeli suatu perusahaan dapat membantu mendorong praktik berkelanjutan dalam bisnis pemasok.

Sustainable Sourcing for Seaweed Industry in Indonesia

Bersama WWF Indonesia, HSBC Indonesia memberikan dukungan jangka panjang berupa pengenalan dan pelatihan standar produksi ramah lingkungan bagi keberlangsungan industri dan komoditi rumput laut di Indonesia.

Towards Sustainable Coffee Production

Bersama WWF Indonesia dan HSBC Indonesia mengadakan kegiatan berupa pelatihan, loka karya, dan pengenalan standar keberlanjutan industri kopi.

Keuangan Berkelanjutan

Keuangan memiliki peran penting dalam mengatasi perubahan iklim - dan HSBC diakui sebagai mitra utama dalam transisi menuju dunia rendah karbon. Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang bertanggung jawab dan memungkinkan transisi rendah karbon melalui keuangan berkelanjutan.

Keuangan berkelanjutan kami definisikan sebagai segala bentuk layanan keuangan yang memadukan kriteria lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) ke dalam keputusan bisnis atau investasi.

Tujuan utama HSBC adalah menyediakan pembiayaan untuk memungkinkan transisi menuju ekonomi rendah karbon dan membantu nasabah mengelola risiko transisi. Pembiayaan berkelanjutan mencakup penyediaan fasilitas kredit dan pinjaman, serta layanan konsultasi atau akses ke pasar modal.

Peningkatan kesadaran akan keuangan berkelanjutan bagi lembaga keuangan

Bekerja sama dengan WWF Indonesia, HSBC Indonesia memfasilitasi dialog antar berbagai pemangku kepentingan, sektor swasta, pemerintah, institusi penelitian, akademisi, organisasi nirlaba dan para ahli untuk mengidentifikasi serta mencari solusi tentang pembiayaan berkelanjutan.

Kesejahteraan Masyarakat

HSBC Indonesia berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan inklusif untuk membantu komunitas menjadi lebih mandiri, dan mempunyai kualitas hidup yang lebih baik.

Dukungan kami di tengah Pandemi Covid-19

Sebagai respon terhadap pandemi Covid-19, HSBC Indonesia bersama mitra LSM menyalurkan donasi bagi masyarakat yang membutuhkan ataupun terkena dampak, juga menyalurkan bantuan bagi para tenaga medis.

Bekerja sama dengan Rumah Zakat

Sebagai upaya mencegah penyebaran dan membantu masyarakat terdampak wabah Covid-19 terutama di daerah yang rentan, bersama Rumah Zakat kami mendistribusikan Alat Perlindungan Diri (APD) untuk tenaga medis dan paket Sembako Bingkisan Keluarga Pra Sejahtera (BKP). Penyaluran APD dilakukan di 35 rumah sakit di 24 titik kota/kabupaten yang tersebar di 15 provinsi. Sementara paket Sembako BKP didistribusikan ke 11 kota/kabupaten di tujuh provinsi.

Bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia

Melalui Yayasan Wahana Visi Indonesia, kami menyalurkan dukungan berupa  perlengkapan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di wilayah pedalaman Kalimantan Barat  bantuan tunai berupa voucher digital kepada keluarga di DKI Jakarta yang terdampak secara ekonomi.