Privasi dan keamanan


Prinsip Privasi HSBC

Bisnis kami dibangun atas dasar kepercayaan antara nasabah dan kami. Untuk menjaga kerahasiaan seluruh informasi yang Anda berikan kepada kami, kami mempertahankan prinsip-prinsip privasi sebagai berikut:

  1. Kami hanya mengumpulkan informasi pribadi yang kami yakini bersifat relevan dan dibutuhkan untuk memahami kebutuhan finansial Anda dan untuk menjalankan bisnis kami.
  2. Kami menggunakan informasi pribadi Anda untuk menyediakan produk dan layanan nasabah yang lebih baik bagi Anda.
  3. Kami dapat menyampaikan informasi pribadi Anda kepada perusahaan atau agen Grup HSBC lain, sebagaimana diizinkan oleh hukum.
  4. Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada organisasi eksternal mana pun kecuali apabila kami memperoleh izin Anda atau diwajibkan oleh hukum atau telah terlebih dahulu memberi tahu Anda.
  5. Dari waktu ke waktu, kami dapat diwajibkan untuk mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada badan Pemerintahan atau penegak hukum atau pengatur regulasi kami, namun kami hanya akan melakukannya sesuai dengan wewenang yang benar.
  6. Kami bertujuan menjaga agar informasi pribadi Anda dalam catatan yang kami simpan tetap akurat dan terbaru.
  7. Kami mempertahankan sistem keamanan yang ketat, yang dirancang untuk mencegah akses yang tak berwenang ke informasi pribadi Anda oleh siapa pun, termasuk staf kami.
  8. Semua perusahaan Grup HSBC, semua staf kami, dan semua pihak ketiga dengan akses yang diizinkan ke informasi Anda secara khusus diharuskan mematuhi kewajiban kerahasiaan kami.

Dengan menjaga komitmen kami terhadap prinsip-prinsip ini, kami di HSBC memastikan bahwa kami menghargai kepercayaan penuh yang Anda berikan kepada kami.

Privasi Anda penting bagi kami

Bagian ini menyediakan detail spesifik tentang cara kami memperlakukan informasi pribadi apa pun yang Anda mungkin ingin berikan kepada kami saat mengunjungi situs ini.

Keamanan Data

Keamanan merupakan prioritas utama kami. PT Bank HSBC Indonesia ('Bank') selalu berusaha setiap saat untuk memastikan bahwa data pribadi Anda terlindung dari akses, pemrosesan, atau penghapusan yang tak berwenang atau tak disengaja. Kami menjaga komitmen terhadap keamanan data ini dengan menerapkan langkah-langkah fisik, elektronik, dan pengelolaan yang sesuai untuk melindungi dan mengamankan data pribadi Anda.

Area aman situs web kami mendukung penerapan protokol Secure Socket Layer (SSL) dan teknologi 128-enkripsi — standar industri untuk enkripsi di Internet bagi perlindungan data. Saat Anda memberikan informasi sensitif, misalnya detail kartu kredit, informasi tersebut akan secara otomatis diubah menjadi kode sebelum dikirimkan dengan aman melalui Internet.

Server web kami dilindungi di balik "firewall" dan sistem kami dimonitor untuk mencegah semua akses tak berwenang. Kami tidak akan mengirimkan informasi pribadi kepada Anda melalui email biasa. Berhubung keamanan email biasa tidak dapat dijamin, Anda harus mengirimkan email kepada kami hanya dengan menggunakan fasilitas email aman di situs web kami. Semua langkah praktis akan diambil untuk memastikan bahwa data pribadi tidak akan disimpan melebihi waktu yang dibutuhkan dan bahwa Bank mematuhi seluruh persyaratan undang-undang dan regulasi di Indonesia mengenai penyimpanan informasi yang dapat dikenali secara pribadi.

Jaminan Keamanan

Baik Anda maupun HSBC sama-sama memainkan peran penting dalam perlindungan terhadap penipuan online. Anda harus berhati-hati agar detail rekening bank Anda, termasuk ID Pengguna dan/atau Kata Sandi Anda, tidak dibobol, dengan memastikan bahwa Anda tidak secara sengaja atau pun tidak sengaja membagikan, memberikan, atau memfasilitasi penggunaannya tanpa izin. Jangan membagikan ID Pengguna dan/atau kata sandi Anda atau mengizinkan akses atau penggunaannya oleh orang lain. Kami berupaya menerapkan standar keamanan yang tinggi untuk melindungi kepentingan Anda. Jika seandainya sampai terjadi transaksi tanpa wewenang yang dilakukan melalui rekening Anda tanpa melibatkan penipuan, kekeliruan, atau ketidakhati-hatian dari pihak Anda, kami akan memastikan bahwa kerugian langsung Anda akan diganti hingga jumlah total transaksi tanpa wewenang tersebut.

Anda harus melindungi ID Pengguna dan Kata Sandi unik Anda dengan merahasiakannya. Jangan pernah menuliskannya atau membagikan detail ini dengan siapa pun. HSBC tidak akan pernah meminta Kata Sandi Perbankan Internet Anda, demi memastikan bahwa Andalah satu-satunya orang yang mengetahui informasi ini. Saat memilih ID Pengguna dan Kata Sandi unik Anda untuk pertama kalinya, jangan membuatnya dengan informasi yang mudah dikenali, seperti tanggal lahir, nomor telepon, atau bagian nama Anda yang dapat dikenali. Jika Anda menduga bahwa ID Pengguna dan/atau kata sandi Anda telah terungkap kepada pihak ketiga, hilang, atau dicuri, dan transaksi tak berwenang mungkin telah dilakukan, Anda berkewajiban untuk segera menghubungi kami.

Pengumpulan informasi pribadi

Penggunaan "cookies" Kunjungan Anda ke situs ini dapat direkam untuk melakukan analisis tentang jumlah pengunjung ke situs dan pola penggunaan umum. Beberapa informasi ini akan dikumpulkan melalui penggunaan "cookies". Cookies adalah penggalan informasi kecil yang secara otomatis disimpan di peramban web seseorang dalam komputernya, yang dapat diambil kembali oleh situs ini. Seandainya Anda ingin menon-aktifkan cookies ini, Anda dapat melakukannya dengan mengubah pengaturan peramban Anda. Kendati demikian, Anda tidak akan dapat memasuki beberapa bagian tertentu situs web kami, termasuk online@hsbc.

Promosi Pemasaran Sesekali, kami dapat mengumpulkan informasi pribadi dari pengunjung ke situs ini dan orang-orang yang berpartisipasi dalam kontes atau promosi (online atau melalui telepon, atau di salah satu cabang kami). Informasi sedemikian hanya dikumpulkan dari individu yang secara sukarela memberikan informasi pribadinya kepada kami. Kami dapat menggunakan informasi ini untuk menyampaikan materi tentang produk, layanan, dan pemasaran lainnya, yang menurut hemat kami menarik bagi mereka. Kami juga dapat mengundang pengunjung ke situs ini untuk berpartisipasi dalam riset dan survei pasar serta aktivitas serupa lainnya.

Anda dapat memilih untuk menerima materi pemasaran dan promosi lainnya melalui email. Jika Anda menerima email atau pengiriman promo langsung, Anda selalu memiliki pilihan untuk tidak mengikutinya.

Jika Anda sewaktu-waktu menginginkan kami untuk berhenti mengirimkan surat langsung, hubungi perwakilan kami dengan menghubungi (62) 21 25514722. Setelah itu, tanpa dikenakan biaya, kami akan menindaklanjuti permohonan Anda dalam jangka waktu 30 hari dan memastikan bahwa Anda tidak akan disertakan dalam promosi pemasaran langsung di kemudian hari.

Jika kami meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi, kami selalu menjelaskan tujuan untuk pengumpulan informasi pribadi tersebut dan memastikan bahwa informasi itu hanya digunakan untuk tujuan yang dimaksudkannya pada saat pengumpulan.

Pernyataan pengumpulan informasi kami

Pernyataan ini dibuat oleh PT Bank HSBC Indonesia ('Bank') sesuai regulasi Bank Indonesia tentang Kenali Nasabah Anda atau Know Your Customer (KYC). Pernyataan ini dimaksudkan untuk memberi tahu Anda alasan pengumpulan data pribadi, cara penggunaannya, dan kepada siapa permintaan akses data harus ditujukan.

  1. Alasan kami mengumpulkan data Anda - kami mengumpulkan informasi pribadi Anda untuk melaksanakan dan menjalankan layanan kami bagi Anda dan dalam upaya meningkatkan pengalaman nasabah Anda. Tanpa data tersebut, kemungkinan Bank tidak dapat membuka atau melanjutkan rekening atau menerapkan atau melanjutkan fasilitas perbankan atau menyediakan layanan perbankan.
  2. Data juga dikumpulkan dari nasabah dalam urusan bisnis biasa untuk melanjutkan hubungan perbankan, misalnya: pada saat nasabah menulis cek atau menyetor uang.
  3. Cara data Anda dapat digunakan - Data yang berhubungan dengan nasabah dapat digunakan untuk:
    1. Memfasilitasi operasi keseharian layanan dan fasilitas kredit yang disediakan bagi nasabah;
    2. menjalankan pemeriksaan kredit;
    3. membantu lembaga keuangan lain untuk menjalankan pemeriksaan kredit dan menagih utang;
    4. memastikan kelayakan kredit yang sedang berjalan dari nasabah;
    5. merancang layanan finansial atau produk terkait bagi penggunaan nasabah;
    6. memasarkan layanan finansial atau produk terkait;
    7. memastikan jumlah kewajiban utang kepada atau oleh nasabah;
    8. mengumpulkan jumlah yang belum dibayarkan dari nasabah dan pihak yang mengamankan kewajiban nasabah;
    9. memenuhi persyaratan pengungkapan dari undang-undang apa pun yang mengikat Bank atau cabangnya;
    10. memungkinkan pihak yang sudah atau akan ditunjuk oleh Bank, atau partisipan atau sub-partisipan hak dari Bank, dalam kaitannya dengan nasabah untuk mengevaluasi transaksi yang dimaksudkan untuk menjadi subjek penugasan, partisipasi, atau sub-partisipasi; dan
    11. untuk memenuhi tujuan lain apa pun yang bersangkutan dengannya.
  4. Pengungkapan informasi pribadi Anda - Informasi yang disimpan oleh Bank sehubungan dengan nasabah akan dijaga kerahasiaannya, namun Bank dapat memberikan informasi tersebut kepada pihak-pihak berikut ini untuk tujuan yang dijelaskan dalam ayat (c)
    1. agen, kontraktor, atau penyedia layanan pihak ketiga mana pun yang menyediakan layanan administratif, telekomunikasi, komputer, pembayaran, atau kliring sekuritas atau layanan lain kepada Bank dalam kaitannya dengan operasi bisnisnya;
    2. orang lain mana pun yang memiliki kewajiban kerahasiaan terhadap Bank, termasuk perusahaan grup dari Bank yang telah menjalankan tugas untuk menjaga kerahasiaan informasi tersebut;
    3. bank penarik dana yang menyediakan salinan cek terbayar (yang dapat memuat informasi tentang pembayar) kepada penarik dana;
    4. agensi rujukan kredit, dan dalam hal terjadinya wanprestasi, kepada agensi penagih utang;
    5. orang mana pun yang kepadanya Bank berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai persyaratan undang-undang apa pun yang mengikat Bank atau cabangnya; dan
    6. orang mana pun yang telah atau akan ditunjuk oleh Bank atau partisipan atau sub-partisipan atau penerima hak Bank dalam hubungannya dengan nasabah.
  5. Permohonan akses data - individu mana pun berhak untuk:
    1. memeriksa apakah Bank menyimpan data mengenai mereka dan akses kepada data tersebut;
    2. meminta Bank meralat semua data tidak akurat yang berkaitan dengan mereka;
    3. memastikan kebijakan dan praktik Bank dalam hubungannya dengan data serta diberi tahu tentang jenis data pribadi yang disimpan oleh Bank; dan
    4. dalam hubungannya dengan kredit konsumen, untuk meminta agar diberi tahu tentang item data apa saja yang secara rutin diungkapkan kepada agensi rujukan kredit atau agensi penagih utang, dan diberi informasi lebih lanjut untuk memungkinkan pembuatan akses, dan permintaan ralat terhadap agensi rujukan kredit atau agensi penagih utang yang bersangkutan.
  6. Bank berhak membebankan biaya yang pantas untuk pemrosesan permintaan akses data apa pun.
  7. Tidak ada satu pun hal dalam Pernyataan ini yang membatasi hak nasabah sesuai undang-undang dan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Hubungi kami

Permohonan akses ke data atau ralat data atau untuk informasi seputar kebijakan dan praktik serta jenis data yang disimpan harap ditujukan kepada:

Departemen Komunikasi
PT Bank HSBC Indonesia
World Trade Center 1, Lantai 3
Jl. Jend. Sudirman Kav 29-31 Jakarta 12920
Indonesia
Email: communications.hbid@hsbc.co.id

PENTING: Dengan mengakses situs web ini dan laman apa pun dalam situs web ini, Anda menyetujui ketentuan yang telah dijelaskan di atas. Terima kasih, Anda telah memilih HSBC.