PT Bank HSBC Indonesia

Grup HSBC memiliki riwayat panjang dan beragam di Indonesia. Kami membuka cabang pertama di Indonesia pada tahun 1884 dengan nama The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, Cabang Indonesia (“Kantor Cabang Bank Asing HSBC di Indonesia”).

Dengan dukungan lebih dari 3.000 karyawan, saat ini PT Bank HSBC Indonesia telah berkembang menjadi bank internasional di Indonesia yang menawarkan layanan Commercial Banking dan Global Banking untuk nasabah Korporasi dan Institusi, Global Markets untuk pengelolaan Treasury dan Capital Market serta Wealth and Personal Banking.

Tahun 2009, HSBC Group mengakuisisi PT Bank Ekonomi Raharja (“Bank Ekonomi”), sebuah bank lokal dengan jaringan luas di Indonesia, yang kemudian berubah nama menjadi PT. Bank HSBC Indonesia di Oktober 2016.

April 2017 menandai peristiwa bersejarah yang penting bagi HSBC Group di Indonesia dengan integrasi dua bank menjadi PT Bank HSBC Indonesia, Bank yang terintegrasi ini memungkinkan HSBC memperluas jangkauan perbankannya dan turut berkontribusi bagi perekonomian Indonesia dengan menghubungkan nasabah dengan berbagai peluang melalui kapabilitas dan kehadiran kami di lebih dari 20 kota di Indonesia.

Jajaran Pimpinan PT Bank HSBC Indonesia

Jajaran Pimpinan (PDF, 1-Page, 158KB)


Hubungi kami di:

PT. Bank HSBC Indonesia
World Trade Centre 1, 3rd floor
Jl. Jendral Sudirman Kav. 29-31
Jakarta 12920 Indonesia
Layanan perbankan personal: 1500 808
Layanan perbankan bisnis: 1500237
Situs web: hsbc.co.id

Bantuan dan Panduan Terkait COVID-19

Nasabah Ritel

Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kami untuk Indonesia, fokus kami di HSBC adalah kesehatan dan kesejahteraan karyawan, keluarga, serta nasabah kami. Terkait COVID-19, silakan kunjungi halaman khusus COVID-19 kami untuk informasi terkini.

Nasabah korporasi

Kami memahami bahwa berbagai industri dan individu terkena dampak dari penyebaran virus Covid-19. PT Bank HSBC Indonesia akan terus mendukung dan membantu nasabah melewati masa-masa sulit ini.

Kemasyarakatan

Temukan berbagai program kami tentang membantu masyarakat memperoleh keterampilan abad 21, mendorong berlangsungnya bisnis yang bertanggung jawab, dan berkontribusi pada transisi global menuju ekonomi rendah karbon.


History timeline


1865
 
2021
< >

Sejarah singkat HSBC

Grup HSBC adalah salah satu organisasi perbankan dan jasa keuangan terbesar di dunia dan memiliki silsilah internasional yang unik. Lebih dari seabad lalu banyak perusahaan-perusahaan utamanya buka untuk kegiatan usaha dan membuat HSBC kaya akan berbagai prestasi. Nama Grup HSBC diberi sesuai dengan nama anggota pendirinya yaitu Hongkong dan Shanghai Banking Corporation Limited yang didirikan pada tahun 1865 di Hong Kong.

Jejak awal HSBC di Indonesia

Asal-usul HSBC di Indonesia berawal di tahun 1873. Ketika itu agen-pedagangnya ditunjuk untuk bertindak atas nama HSBC di Jakarta, yang sebelumnya dikenal sebagai Batavia.

Pada tanggal 5 Juli1884, setelah serangkaian kegagalan dialami oleh agen pedagang yang ditunjuk, HSBC memutuskan untuk membuka agen kantor banknya di Jakarta dan merekrut karyawan. Manajer pertama kantor Jakarta adalah Tuan Archibald Maccoll yang sebelumnya bekerja untuk agen bank, Martin Dyce & Co. Biasanya HSBC merekrut seseorang yang mempunyai pengalaman perbankan dari London untuk menjadi manajer cabang, tapi kali ini HSBC merekrut seorang pedagang lokal. Hal ini karena pengalaman Maccoll dalam perdagangan Indonesia dan hubungan dengan pelanggan yang telah terbangun di wilayah Batavia ini dinilai cukup berarti bagi HSBC. Setelah penunjukan ia bekerja keras dalam membangun bisnis kantor cabang.

HSBC memperluas operasinya ke Surabaya (sebelumnya dikenal sebagai Sourabaya).

Memasuki dekade pertama 1900-an, bisnis utama HSBC mencakup pembiayaan perdagangan dan tabungan di Cina terus meningkat, bahkan selama periode Perang Dunia Pertama.

Lebih dari 60 tahun setelah pertama didirikan di Indonesia, HSBC terus beroperasi sampai terpaksa berhenti untuk sementara waktu selama Perang Dunia Kedua dan pada pertengahan 1960-an.

Setelah masa-masa sulit, HSBC beroperasi kembali di Jakarta dengan lisensi perbankan baru yang diberikan pada bulan September 1968.

HSBC memperoleh persetujuan untuk membuka cabang di Surabaya pertengahan 1989. Sejak itu, HSBC menjadi salah satu bank asing terbesar yang beroperasi di Indonesia hingga kini.

Kantor agen yang kemudian diubah menjadi cabang pertama beroperasi penuh diresmikan di Semarang.

Pada tahun 2009, HSBC Group mengakuisisi PT Bank Ekonomi Raharja ("Bank Ekonomi"), sebuah bank lokal dengan jaringan luas di Indonesia.

Tujuh tahun kemudian, pada bulan Oktober 2016, Bank Ekonomi berubah nama menjadi PT Bank HSBC Indonesia. Pada 17 April 2017, Grup HSBC secara resmi menggabungkan kegiatan operasional Kantor Cabang Bank Asing HSBC di Indonesia dengan PT. Bank HSBC Indonesia dan menjadi satu organisasi dengan nama PT. Bank HSBC Indonesia.

Today

Jaringan domestik PT Bank HSBC Indonesia yang luas dan jaringan global Grup HSBC memungkinkan PT Bank HSBC Indonesia mendukung para nasabah dengan solusi keuangan yang tepat baik di Indonesia maupun di berbagai negara tempat HSBC Group beroperasi.

Ulasan di hsbc.com

Semua artikel di hsbc.com ditulis dalam Bahasa Inggris.

Seven steps to tackle a USD50 trillion challenge

27 October 2021

Getting supply chains to net zero will require creative solutions, according to HSBC and BCG.

Your full supply chain is just a click away

13 October 2021

HSBC’s Serai technology platform enables companies to have greater visibility of their supply chains.

Why COP26 is the world’s make-or-break climate moment

11 October 2021

The summit needs to accelerate global climate policies, says HSBC’s Wai-Shin Chan.